1. Home
  2. Blog
  3. Hindari Stress Memilih Outfit dengan Tips Merapikan Lemari Pakaian Berikut Ini

Hindari Stress Memilih Outfit dengan Tips Merapikan Lemari Pakaian Berikut Ini

Oleh Tini - Senin 30 Maret 2020 | 14:33

Kita sering melihat tokoh-tokoh terkenal di dunia seperti Steve Jobs dan Mark Zuckerberg memakai pakaian yang itu-itu saja. Konon, salah satu kebiasaan orang efektif memang memakai outfit yang sama hampir setiap hari. Hal ini mereka lakukan untuk menghindari decision fatigue atau kelelahan karena memutuskan hal-hal kecil seperti mau sarapan apa dan mau pakai baju apa, sehingga berdampak pada pengambilan keputusan yang lebih besar.

Hal ini bisa saja diikuti kalau kita ingin hidup lebih efektif. Dengan hanya satu atau dua pilihan outfit untuk dipakai, kita tidak perlu pusing memikirkan mau pakai baju apa untuk mengurangi keputusan yang harus diambil setiap hari sehingga kita bisa fokus memikirkan hal-hal yang lebih penting.

Namun, hal ini tentu saja tidak bisa diikuti oleh para pecinta fashion. Bagaimanapun fashion adalah prioritas. Tidak hanya sebagai sarana untuk mengekspresikan diri, outfit juga bisa memengaruhi mood harian kita. Tapi tenang saja! Kita tetap bisa hidup lebih efektif dan mengurangi decision fatigue tanpa harus mengorbankan gaya. Salah satunya adalah dengan merapikan lemari pakaian.

zalora
Tokopedia
TheFthing

Declutter

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk merapikan lemari pakaianmu adalah dengan membersihkan dan mengurangi jumlah pakaian yang kamu simpan. Sekarang mungkin banyak dari kamu yang bekerja dari rumah dan memiliki lebih banyak waktu di rumah karena masih dalam masa karantina. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk memilah pakaian mana saja yang masih sering kamu pakai dan yang sudah tidak pernah kamu pakai sama sekali. Kamu bisa mengeluarkan pakaian yang sudah tidak pernah kamu pakai kemudian menjual atau mendonasikannya. Kamu akan merasakan perbedaan yang sangat besar setelah melakukan hal ini. Lemari pakaianmu akan lebih lega dan kamu akan lebih mudah untuk merapikan dan menemukan barang-barang.

Menata

Ada banyak pilihan menata lemari, misalnya beberapa orang suka menatanya berdasarkan warna. Namun supaya lebih efektif, kami sarankan kamu untuk menata pakaianmu berdasarkan jenis dan kategori seperti atasan, kaus, celana, outer, dress, dan lain-lain. Dengan demikian kamu akan lebih mudah menemukan pakaian yang kamu butuhkan tanpa harus membuat seisi lemarimu berantakan.

Cara Penyimpanan

Beda jenis baju, beda juga cara penyimpananannya. Misalnya, dress dan outer akan lebih cocok digantung dengan hanger. Sementara kaus dan celana panjang lebih cocok dilipat atau digulung di dalam drawer. Kamu juga bisa menyimpan barang-barang yang lebih kecil seperti pakaian dalam dan kaus kaki ke dalam kotak-kotak terpisah supaya lebih rapi.

Mulai dari Basic

Untuk memudahkan pengambilan keputusan, kamu bisa menentukan satu atau dua basic items untuk dipakai setiap hari. Misalnya kaus dengan celana jeans atau satu potong dress casual. Selanjutnya, kamu tinggal menambahkan outer, sepatu, tas, dan aksesoris lain untuk membuatnya tidak terlalu membosankan.

Coba Capsule Wardrobe

Akhir-akhir ini  capsule wardrobe mulai jadi tren terutama di kalangan minimalist. Pada dasarnya, capsule wardrobe adalah sejumlah pakaian dengan jumlah terbatas untuk dipakai setiap hari. Kalau kamu bukan pengikut gaya hidup minimalis, kamu bisa mencoba capsule wardrobe untuk jangka waktu tertentu, misalnya satu minggu atau satu bulan. Pilih sejumlah pakaian yang akan kamu kenakan dan satukan dalam satu rak khusus. Selanjutnya, kamu akan memilih outfit hanya dari pakaian-pakaian ini saja, jadi pilihanmu tidak terlalu banyak. Kunci kesuksesan capsule wardrobe terletak pada pemilihan pakaian yang cenderung netral dan mudah dipadu-padankan.

Memadupadankan Outfit untuk Dipakai Kemudian

Salah satu hal paling cerdas yang bisa kamu lakukan adalah memadupadankan outfit untuk kamu pakai nanti. Masa karantina seperti sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Apalagi sekarang kamu tidak bisa banyak keluar rumah. Kamu bisa mengisi waktu dengan memadupadankan pakaian dan aksesoris kemudian memfotonya. Nanti, ketika masa karantina berakhir dan kamu bisa kembali bergaya di luar rumah, kamu tinggal melihat galerimu dan memilih satu outfit untuk dikenakan.

Persiapkan Outfit di Malam Sebelumnya

Memilih outfit bisa memakan waktu kalau kamu tidak punya persiapan. Apalagi kalau kamu kuliah atau kerja dan harus berangkat pagi-pagi. Sebaiknya, kamu persiapkan outfitmu malam sebelumnya. Ambil item apa saja yang mau kamu pakai esok harinya dan gantung di satu gantungan khusus. Misalnya, kamu bisa memilih satu item dress formal untuk bekerja lengkap dengan sepatu dan tas yang sesuai. Jadi keesokan harinya kamu tinggal pakai tanpa harus memutuskan dan mencari-cari terlebih dahulu.

Memilih Pakaian Netral dan Versatile

Sebagai fashionista, kamu pasti tidak mau ketinggalan tren fashion terkini. Namun perlu diingat bahwa membeli baju hanya karena tren saja bukan selalu keputusan bijak. Bisa-bisa nanti baju yang kamu beli malah tidak pernah terpakai lagi dan hanya membuat lemarimu menjadi penuh. Salah satu pertimbangan saat membeli baju adalah investasi terlebih dahulu di pakaian basic, netral, dan versatile. Selain kamu bisa memakainya lebih lama karena tidak hanya mengikuti tren semata, kamu juga akan lebih mudah memadukannya sehingga kamu tidak akan terlalu pusing memilih dan tetap bisa tampil dengan outfit yang bervariasi.

Itu tadi beberapa tips mengatur lemari pakaian dan memilih outfit yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi decision fatigue. Masa karantina seperti sekarang bisa jadi membosankan bagi beberapa orang, terutama kamu yang suka jalan-jalan dan foto-foto OOTD. Dengan memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal di atas, kamu tetap bisa menyalurkan kecintaanmu pada fashion meski #DiRumahAja. Stay safe dan tetap sehat ya!

 

Oleh